tanah gambut

2010
09.28

Gambut adalah jenis tanah yang terbentuk dari akumulasi sisa-sisa tetumbuhan yang setengah membusuk; oleh sebab itu, kandungan bahan organiknya tinggi[1]. Tanah yang terutama terbentuk di lahan-lahan basah ini disebut dalam bahasa Inggris sebagai peat; dan lahan-lahan bergambut di berbagai belahan dunia dikenal dengan aneka nama seperti bog, moor, muskeg, pocosin, mire, dan lain-lain. Istilah gambut sendiri diserap dari bahasa daerah Banjar.

Sebagai bahan organik, gambut dapat dimanfaatkan sebagai sumber energi. Volume gambut di seluruh dunia diperkirakan sejumlah 4 trilyun m³, yang menutupi wilayah sebesar kurang-lebih 3 juta km² atau sekitar 2% luas daratan di dunia, dan mengandung potensi energi kira-kira 8 milyar terajoule[2].

Daftar isi

[sembunyikan]

//

[sunting] Agihan geografis

Deposit gambut tersebar di banyak tempat di dunia, terutama di Rusia, Belarusia, Ukraina, Irlandia, Finlandia, Estonia, Skotlandia, Polandia, Jerman utara, Belanda, Skandinavia, dan di Amerika Utara, khususnya di Kanada, Michigan, Minnesota, Everglades di Florida, dan di delta Sungai Sacramento-San Joaquin di Kalifornia. Kandungan gambut di belahan bumi selatan lebih sedikit, karena memang lahannya lebih sempit; namun gambut dapat dijumpai di Selandia Baru, Kerguelen, Patagonia selatan/Tierra del Fuego dan Kepulauan Falkland.

Sekitar 60% lahan basah di dunia adalah gambut; dan sekitar 7% dari lahan-lahan gambut itu telah dibuka dan dimanfaatkan untuk kepentingan pertanian dan kehutanan. Manakala kondisinya sesuai, gambut dapat berubah menjadi sejenis batubara setelah melewati periode waktu geologis.

[sunting] Pembentukan gambut

Pemanenan tanah gambut di Frisia Timur, Jerman

Gambut terbentuk tatkala bagian-bagian tumbuhan yang luruh terhambat pembusukannya, biasanya di lahan-lahan berawa, karena kadar keasaman yang tinggi atau kondisi anaerob di perairan setempat. Tidak mengherankan jika sebagian besar tanah gambut tersusun dari serpih dan kepingan sisa tumbuhan, daun, ranting, pepagan, bahkan kayu-kayu besar, yang belum sepenuhnya membusuk. Kadang-kadang ditemukan pula, karena ketiadaan oksigen bersifat menghambat dekomposisi, sisa-sisa bangkai binatang dan serangga yang turut terawetkan di dalam lapisan-lapisan gambut.

Lazimnya di dunia, disebut sebagai gambut apabila kandungan bahan organik dalam tanah melebihi 30%; akan tetapi hutan-hutan rawa gambut di Indonesia umumnya mempunyai kandungan melebihi 65% dan kedalamannya melebihi dari 50cm. Tanah dengan kandungan bahan organik antara 35–65% juga biasa disebut muck.[1]

Pertambahan lapisan-lapisan gambut dan derajat pembusukan (humifikasi) terutama bergantung pada komposisi gambut dan intensitas penggenangan. Gambut yang terbentuk pada kondisi yang teramat basah akan kurang terdekomposisi, dan dengan demikian akumulasinya tergolong cepat, dibandingkan dengan gambut yang terbentuk di lahan-lahan yang lebih kering. Sifat-sifat ini memungkinkan para klimatolog menggunakan gambut sebagai indikator perubahan iklim di masa lampau. Demikian pula, melalui analisis terhadap komposisi gambut, terutama tipe dan jumlah penyusun bahan organiknya, para ahli arkeologi dapat merekonstruksi gambaran ekologi di masa purba.

Pada kondisi yang tepat, gambut juga merupakan tahap awal pembentukan batubara. Gambut bog yang terkini, terbentuk di wilayah lintang tinggi pada akhir Zaman Es terakhir, sekitar 9.000 tahun yang silam. Gambut ini masih terus bertambah ketebalannya dengan laju sekitar beberapa milimeter setahun. Namun gambut dunia diyakini mulai terbentuk tak kurang dari 360 juta tahun silam; dan kini menyimpan sekitar 550 Gt karbon.[3]

gaun daging lady gaga

2010
09.27

Gaun daging yang dikenakan Lady Gaga pada “MTV Video Music Awards 2010″ tidak akan dimasak, busuk, atau dibuang begitu saja.

Perancang baju daging tersebut, Franc Fernandez, mengatakan kepada Access Hollywood bahwa baju tersebut akan dikeringkan dan diawetkan seperti dendeng.

“Baju daging tersebut akan diproses seperti semacam dendeng kemudian akan diarsipkan,” kata perancangnya kepada Access, Kamis, 23 September 2010.

Seperti dilaporkan sebelumnya dalam AccessHollywood.com, menyusul kemenangannya dalam Vieo Music Awards, Lady Gaga telah menjelaskan maksud di balik baju daging yang menjadi berita utama banyak media saat itu.

soto babat

2010
09.27

soto babat??
ehmm enak juga, tapi yang ini bukan sembarang soto babat. Ini acaranya anak tanah ipb
sahur on the road bareng-bareng anak tanah. acara ini gaweannya anak azimuth
serua abiz!!! jadi qt bagi2 makanan gitu buat gelandangan, pengamen, anak jalanan, tukang sapun di sekitar bogor. Rutenya ipb, bubulak, pgb, masjid agung bogor, air mancur, dan berakhir di sempur. Rame banget deh karena di tengah jalan qt suka ketemu sama anak2 sahur on the road lain. yang istimewa dari qt, qt bawa2 bendera HMIT dan Azimut itulah identitas qt
sekali lagi, yang gak ikut??? rugi

kini sekolah kian mahal

2010
09.27

Sekitar 2 minggu yang lalu hati saya sempet miris sekali. Adik saya yang baru lulus SMP akan melanjutkan ke SMA, sempat mengirimkan pesan singkat kepada saya “mbak doain yaa aku mau tes sma”. Saya tanya masuk sma mana?? Lalu di jawab, masuk sma x. Saya sempat kaget saat dia menyebutkan nama sekolah itu, pasalnya saya tidak terlalu setuju dengan sekolah yang akan ia masuki. Saya bilang, “kenapa gak masuk SMA y aja?”. “Gak ada biaya buat pendaftarannya” jawab adik saya.”Emang berapa??”tanya saya. “150rbu” jawab adik saya. Ya Allah… betapa teririsnya hati saya saat dengar kata-kata itu. Sampai segitunya, untuk mendaftar tes saja yang belum tentu adik saya diterima, mahal sekali. Seingat saya sekitar 2 tahun yang lalu saat saya daftar spmb, pndaftarannya hanya 100rb saja. Memang sih tidk bisa disamakan sekarang dan 2 tahun yang lalu.

Saya sempat bilang, “udah kamu daftar aja di sekolah y, biar saya yang bayar biaya tesnya”. Tapi adik saya menolak, katanya walupun dia tes dan lulus tetap saja orang tua saya tidak memperbolehkan adik saya untuk bersekolah di sekolah y karena orang tua saya tidak sanggup membayar spp per bulannya. saya sempat kecewa karena adik saya tidak mendapatkan fasilitas sekolah yang sama bagusnya dengan yang saya peroleh saat saya sma dulu. Jauh berbeda sekarang keadaanya. Seingat saya, dulu saat saya mendaftar sma, bila tidak masuk ke sma tempat say dulu bersekolah, orang tua saya langsung akan memasukkan saya di sma y. saya sedih sedih sekali.

Hari minggu jadwal saya pulang ke rumah. Sewaktu di rumah, saya bicara dengan orang tua saya kenapa adik saya tidak dimasukkan ke sma y? dan ternyata karena biaya masuk dan spp per bulannya yang mahal sampai 400ribu per bulan, belum lagi transport dan uang makan per harinya. Bayangkan, spp Sekolah Menengah Atas Negeri lebih mahal dari SPP mahasiswa semester 4 negeri di bogor. Kasihan sekali anak-anak yang memang otaknya mampu bersekolah di sekolah bermutu, bisa lulus tesnya namun tidak mampu membayar uang masuk dan spp per bulannya.

Ini mungkin  sebagian kecil contoh saja, masih banyak contoh yang lainnya. saya bingung bukannya pemerintah sekarang sudah menerapkan sisem BOS?? kemana larinya dana itu, sebenarnya untuk apa sih dana itu??? Saya gak tau karena sewaktu zaman saya belum ada yang namanya BOS. Dan satu lagi, sekarang hampir semua SMA menerapkan sistim SBI (Sekolah Berstandar Internasional) yang kelasnya ber Ac, serba multimedia, sampai harus memiliki laptop masing-masing muridnya, dan menggunakan bahasa inggris untuk kegitan belajar mengajarnya?? Apakah semua murid bisa mengikutinya? dan apakh semua guru berkompeten???
SBI, sekolah bertaraf internasional atau sekolah bertarif internasional??

biar ratingnya naik!!!

2010
09.26

Akhirnya…

Dengan jadinya blog ini artinya menambah jumlah blog yang gak keurus, hehehehe

Klo gak karena tugas penkom (upst!!!! Hehehe) gak bakal ada nih blog, tapi gak papa ada banyak keuntungan kok gw bikin blog ini. Salah satunya  supaya rating IPB naik, masa qt kalah ma UI ya gak????hehehe

Sukses deh buat IPB, tambah maju aja  semoga selalu bisa member yang yterbaik bagi mahasiswanya sesuai dengan moto yang ada di atas pos satpan di gerbang utama (hehehe)